Presean Lombok

Posted by on April 13, 2017 in Budaya. Tags: , ,

Presean merupakan budaya simbol kejantanan pemuda suku Sasak di pulau Lombok. Acara ini berupa pertarungan dua lelaki Sasak bersenjatakan tongkat rotan atau biasa disebut Pejalin serta berperisai kulit kerbau tebal dan keras yang biasa di sebut dengan Ende. Petarung biasa di sebut dengan Pepadu dan wasit pinggir disebut Pekembar Sedi dan wasit tengah disebut Pekembar. Dengan bertelanjang badan dan sebuah rotan di tangan kanan serta sebuah perisai yang terbuat dari kulit binatang di tangan kiri, dua orang pemuda yang dikenal dengan nama pepadu ini bersiap saling mengadu kejantanan di depan ratusan penonton yang mengelilingi mereka diluar arena.

Presean ini bermula hanya upacara adat dari luapan emosi para prajurit jaman kerajaan dulu sehabis mengalahkan lawan di medan perang. Budaya Presean atau bertarung dengan rotan memang sudah dikenal masyarakat Lombok sejak lama. Namun budaya yang penuh dengan kekerasan itu berubah menjadi unik ketika dipadukan gaya bela diri yang unik dan lucu dari pemainnya. Presean ini sangat unik ketika di padukan gaya bela diri yang di pragakan oleh para Pepadu. Hadiah yang di perebutkan tidak seberapa kalau dibandingkan dengan luka yang mereka derita tapi banyak juga pemuda yang ikut ambil bagian dalam pertandingan ini.

Tarian rotan dari Lombok ini sudah dikenal masyarakat Sasak secara turun temurun. Awalnya merupakan sebuah bagian dari upacara adat yang menjadi ritual untuk memohon hujan ketika kemarau panjang. Sebuah tradisi yang dalam perkembangan kemudian sekaligus berfungsi sebagai hiburan yang banyak diminati. Sebagai salah satu upaya melestarikan budaya daerah, Presean Lombok pun mulai sering dilombakan. Pertandingan diakhir dengan bersalaman dan berpelukan antar petarung. Ini sebagai tanda bahwa mereka tidak menaruh dendam karena semua hanyalah permainan.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply